MyNSP


Dengan membaca secara seksama, mengerti, memahami dan menyetujui Perjanjian ini, Anda telah memberikan hak kepada PT. Melon Indonesia (Melon) sebagai Partner Bisnis PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dalam layanan MYNSP, untuk melakukan perubahan wujud Ciptaan Anda dalam bentuk Nada Sambung Pribadi (NSP), serta memberikan lisensi untuk mengumumkan, menggandakan, mendistribusikan, mengkomersialisasikan NSP tersebut. Para Pihak menyepakati Syarat dan Ketentuan sebagai berikut :

1. Anda adalah Pencipta asli dan pemilik sah dari Konten yang diunggah (Pemilik Hak Cipta).

2. Anda akan menjadi wakil atau kuasa bagi kelompok/group apabila Anda mengunggah konten yang dibawakan oleh kelompok/group.

3. Konten yang Anda unggah tidak mengandung unsur pornografi, SARA dan hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum, Melon secara sepihak akan menurunkan Konten yang Anda unggah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

4. Melon berdasarkan kebijakannya dengan melihat kondisi market, memiliki hak penuh untuk menentukan harga jual Konten Anda.

5. Melon atas kebijakannya sendiri akan melakukan pemeriksaan atas Konten Anda dan akan menghubungi Anda.

6. Anda secara sadar tanpa paksaan memberikan ijin dan lisensi penuh pada Melon untuk hal-hal di atas yang telah dijelaskan sebelumnya tanpa batasan waktu dan penggunaan.

7. Melon diijinkan untuk membuat salinan (copy), menyimpan, dan mengolah Konten Anda untuk keperluan promosi, iklan, pemasaran, penjualan, dan atau pemberian lisensi tanpa ada batasan waktu.

8. Melon atas kebijakannya, berdasarkan pertimbangan market, dapat melakukan komersialisasi Konten Anda dengan cara terpisah atau gabungan dengan Konten lain dengan harga yang sama atau berbeda tergantung dari kebijakan Melon.

9. Kompensasi dalam bentuk royalty atau pendapatan lainnya akan ditentukan oleh Melon.

10. Anda diperbolehkan melakukan promosi melalui media apapun dimana Promosi tersebut akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Segala tuntutan hukum yang terjadi atas promosi tersebut, akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

11. Melon akan menggunakan nama Anda atau alias nama Anda untuk kepentingan komersialisasi atau kepentingan promosi dan aktifitas lainnya yang memiliki keterkaitan dengan NSP Anda.

12. Anda akan bertanggungjawab secara hukum apabila dikemudian hari ditemukan dan terbukti bahwa terdapat pelanggaran hukum atas konten yang diunggah tidak terbatas hanya pada pelanggaran HKI, pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan, mengandung unsur ponografi, bersifat SARA dan perbuatan hukum lain yang pada dasarnya mengganggu ketertiban umum, yang menyebabkan Melon mendapat gugatan secara hukum dari Pihak ketiga.

13. Melon dapat membatalkan Perjanjian ini kapan saja dan untuk alasan apapun atau tanpa alasan dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda melalui SMS. Anda dan Melon setuju untuk mengesampingkan berlakunya Pasal 1266 kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Pengakhiran Perjanjian.

14. Anda berhak mencari kuasa hukum yang layak untuk mempelajari Perjanjian ini dan materi-materi penting lainnya yang Melon sediakan, untuk Anda pertimbangkan sebelum menyetujui Perjanjian ini.

15. Dengan menekan tombol setuju atau memberikan tanda dalam bentuk apapun yang pada pokoknya memberikan persetujuan atas Perjanjian ini maka secara otomatis Perjanjian ini akan mengikat Anda dan Melon secara hukum dan Para Pihak wajib untuk tunduk terhadap segala peraturan di dalamnya.

16. Definisi
Berikut penjelasan-penjelasan yang ada di dalam Perjanjian ini:
(a) "Komposisi" adalah komposisi tanpa musik yang diciptakan sendiri dan dimiliki secara sah oleh Anda.
(b) "Partner / Rekan Distribusi" adalah media telekomunikasi, portal, web site operator, dan media lainnya yang akan mendistribusikan layanan Nada Sambung pribadi sesuai perjanjian distribusian yang telah dibuat oleh Melon.
(c) "Tanggal Efektif" adalah tanggal yang berlaku yakni pada saat persetujuan diberikan kepada Anda oleh Melon melalui aplikasi dan SMS.
(d) "Pengguna" adalah pihak yang yang membeli NSP secara langsung dari salah satu partner /Rekan Distribusi.
(e) "Master" adalah hasil rekaman asli yang diciptakan oleh Anda.
(f) "Nada Sambung" adalah nada sambung pribadi, yakni berupa dokumen digital audio yang dibuat oleh Melon dari Konten yang Anda unggah.
(g) Pemegang Hak Cipta adalah PT. Melon Indonesia.
(h) "Territory" adalah wilayah NKRI.
(i) "Konten Anda" adalah konten yang Anda unggah meliputi namun tidak terbatas pada komposisi, nada/melodi, bait, suara/musik dan bentuk lain yang disetujui oleh Melon.

17. Pengiriman, Persetujuan, dan Produksi
Upload master dalam bentuk digital. Melon akan melakukan pemeriksaan terhadap Konten Anda tersebut dan akan menginformasikan melalui aplikasi MyNSP apakah akan menerima atau menolak Konten Anda tersebut dengan SLA 3x24 jam (3 hari kerja); Keputusan tersebut sepenuhnya merupakan hak penuh dari Melon. Melon tidak mempunyai kewajiban untuk mengembalikan Master (dan Konten Anda) tersebut.

18. Pemberian Hak
Anda dengan ini memberikan (mengalihkan) seluruh hak atas Konten Anda kepada Melon, tanpa ada batasan waktu; sehingga Melon menjadi Pemegang Hak Cipta yang memiliki hak untuk:
(a) membuat salinan, memproduksi ulang, menyimpan dan menggunakan master dengan tujuan untuk menciptakan lagi satu atau lebih layanan Nada Sambung,
(b) untuk mempublikasikan dan menampilkan Master dan Komposisi yang terdapat di dalam Master,
(c) untuk mempromosikan, mengiklankan, pemasaran dan barang dagangan Nada Sambung Pribadi di berbagai media/atau perangkat yang tersedia,
(d) untuk mendistribusikan, menjual, mengirim, mengunggah, mengunduh, preload, memancarkan atau menyebarluaskan master (termasuk komposisinya) sebagai bagian dari ringbacktone, melalui internet, Infra merah (IVR), mencakup daerah transmisi tanpa kawat (SMS atau WAP atau yang lainnya ), dan memperbaiki jaringan jalur telekomunikasi untuk mengirim/menerima melalui alat-alat telekomunikasi.
Dengan beralihnya hak atas Konten Anda, Anda mengijinkan tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Anda kepada Melon untuk mengedit, memodifikasi, merubah atau membuat nama baru Anda sebagai Pencipta dan Judul Konten Anda setiap saat jika dianggap perlu oleh Melon.

19. Kepemilikan Hak Cipta
Diantara Anda dan Melon, Anda adalah pencipta dari seluruh Konten Anda, dan Melon adalah Pemegang Hak Cipta atas Konten Anda tanpa adanya batasan waktu. Selanjutnya, Anda telah menyetujui bahwa Melon adalah sebagai pencipta tunggal di dalam semua layanan Nada Sambung, termasuk format dan penempatan spesifikasi yang termasuk di dalam Nada Sambung Pribadi.

20. Harga dan Biaya Lisensi
(a) Antara Anda dan Melon, Melon mempunyai hak penuh untuk menjual Layanan Nada Sambung dalam berbagai bentuk, dipaketkan dengan konten lain (konten yang dimiliki oleh Anda atau pihak ketiga), dan langganan.
(b) untuk menghindari keraguan, akan ada biaya lisensi/kompensasi/royalti yang wajib dibayar oleh Melon sesuai dengan kebijakan perusahaan.
(c) untuk menghindari keraguan, Anda dilarang untuk menjual atau memberikan lisensi secara langsung kepada Pengguna.

21. Pengumuman dan Pernyataan
Anda tidak diijinkan untuk membuat pemberitahuan atau membuat pernyataan melalui internet atau media lainnya, memperlihatkan adanya Perjanjian ini tanpa adanya ijin tertulis terlebih dahulu dari Melon, namun Anda boleh mempromosikan penjualan dari layanan Nada Sambung dengan cara menunjukan dimana pihak yang sah untuk mendapatkan layanan Nada Sambung Anda.

22. Pengunaan Nama/Alias
Anda dengan ini mengijinkan Melon untuk menggunakan nama individual atau alias, dalam kaitannya untuk kepentingan komersialisasi dan promosi NSP Anda.

23. Pernyataan dan Jaminan
Anda dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Melon bahwa :
(a) Anda mempunyai kapasitas hukum, kekuatan dan kekuasaan untuk memasuki dan melakukan kewajiban Anda berdasarkan Perjanjian ini.
(b) Pada Tanggal Efektif, Perjanjian ini akan menjadi sah, berlaku dan mengikat Anda.
(c) Sejak Tanggal Efektif, Anda dilarang untuk membuat perjanjian dengan pihak ketiga yang dapat menyebabkan konflik dengan syarat dan ketentuan yang diatur pada Perjanjian ini.
(d) Anda adalah pencipta asli dan pemilik yang sah atas Konten Anda.
(e) Tidak ada bagian dari karya anda yang dimiliki atau dikuasai oleh pihak lain.
(g) Anda berkewajiban dengan segera memberitahu Melon jika Anda mengetahui ada tuntutan yang dapat menggangu pemberian (pengalihan) hak yang telah Anda berikan kepada Melon berdasarkan Perjanjian ini termasuk hak-hak lain yang terkait dengan hak atas kekayaan intelektual.

24. Kewajiban Ganti Rugi
Anda akan menjamin setiap saat untuk membela, menjaga, dan tidak merugikan Melon, dan setiap cabang-cabangnya dari setiap kerugian, klaim (baik yang nyata atau yang kemungkinan akan terjadi di kemudian hari). Termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan, pertanggungjawaban, kewajiban, penalty, penilaian, penghargaan, biaya, pengeluaran dan distribusi, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pengacara dan penasihat profesional lainnya. Segala biaya dan pengeluaran (jika ada) terkait penyimpangan atas apa yang anda nyatakan pada Pasal 8 tentang Pernyataan dan Jaminan yang akan terjadi dikemudian hari akan menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

25. Pembatasan Tanggung Jawab
Sepanjang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, dalam kejadian apapun, Melon tidak dapat dituntut atas ganti rugi atas setiap kehilangan dari keuntungan, baik secara langsung atau secara tidak langsung, khususnya jika tidak disengaja atas kerugian apapun, bahkan jika Melon telah diberitahukan kemungkinan akan terjadinya kerugian tersebut.

26. Masa berlaku dari Perjanjian
(a) Masa berlaku perjanjian ini adalah sejak persetujuan diinformasikan kepada anda melalui SMS (tanggal efektif), sampai batas waktu yang tidak ditentukan kecuali jika diakhiri sebelumnya oleh Anda dengan cara memberitahukan secara tertulis kepada Melon 10 (sepuluh) hari sebelumnya ke alamat PT MelOn Indonesia.

(b) Alamat PT MelOn Indonesia :
Gedung Telkom Jakarta Selatan lantai 7
Jl. Sisingamangaradja Kav 4-6 Jakarta selatan 12110
UP : divisi marketing MYNSP

(c) Anda telah setuju untuk tidak menuntut kompensasi dalam bentuk apapun pada waktu Perjanjian ini berakhir atau jika diakhiri sebelumnya oleh Melon, disesuaikan dengan Kebijakan Melon atas komersialisasi Konten Anda.
(d) Melon atas kebijakannya sendiri dapat membatalkan Perjanjian ini kapanpun dan dengan alasan ataupun dengan tanpa alasan. Anda dan Melon telah setuju untuk mengenyampingkan berlakunya Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Pengakhiran Perjanjian.
(e) Untuk menghindari keraguan, pengakhiran Perjanjian ini baik karena waktunya telah berakhir ataupun karena diakhiri oleh Melon tidak akan membatalkan hak dari Pengguna yang sebelumnya telah membeli layanan Nada Sambung.

27. Ketentuan Pembagian Pendapatan
(a) Anda sebagai pemilik Konten akan mendapatkan pendapatan atas Konten anda yang digunakan oleh pelanggan MYNSP dari Pihak Melon.
(b) Anda dapat mengetahui informasi pendapatan atas Konten anda yang telah disetujui pada menu 'Trafik' dalam aplikasi atau website MyNSP.
(c) Melon hanya memberikan pendapatan atas Konten anda tersebut apabila dalam satu bulan pendapatan keseluruhan Konten Anda telah mencapai jumlah minimal sebesar Rp.1.250.000 (satu juta rupiah).
(d) Anda berhak atas pembagian pendapatan sebesar 20% (dua puluh persen) dari harga jual konten apabila pendapatan atas Konten Anda telah mencapai Rp.1.250.000 (satu juta rupiah). Ketentuan pajak yang berlaku ditanggung oleh masing-masing pihak.
(e) Pembagian pendapatan akan diberikan kepada Anda pada bulan berikutnya oleh Pihak Melon melalui Tcash / Rekening Tabungan yang telah didaftarkan.
Contoh : jika anda memiliki pendapatan (poin c) pada bulan Mei maka pihak Melon akan membayarkan pendapatan anda pada bulan berikutnya.
(f) Segala bentuk tuntutan dari Pihak Ketiga terkait Konten menjadi tanggung jawab Anda.
(g) Pihak Melon dan Pihak Telkomsel tidak bertanggungjawab atas tuntutan dari Pihak Ketiga terkait Konten Anda.

28. Apa itu Tcash
(a) TCASH adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel, dengan izin penerbitan dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, TCASH dapat digunakan untuk bayar tagihan, bayar merchant, isi pulsa, kirim uang dan banyak lagi.
(b) anda bisa menghubungi *800# atau unduh TWALLET untuk melihat seberapa banyak saldo yang anda punya.

29. Ketentuan umum
(a) Pemberitahuan: Setiap pemberitahuan, permintaan, tuntuan yang mencakup atau ijin yang diberikan berdasarkan Perjanjian ini akan diinformasikan melalui sms.
(b) Pengalihan: Anda tidak boleh mengalihkan Perjanjian ini, baik sebagian atau secara keseluruhan, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Melon, yang mana persetujuan tersebut merupakan hak penuh dari Melon.
(c) Pilihan Hukum dan Penyelesaian Sengketa: Perjanjian ini dibuat berdasarkan Hukum Negara Republik Indonesia. Setiap perselisihan yang mungkin akan timbul terkait Perjanjian ini akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional IndonesiaPenyimpangan: Dalam hal salah satu atau lebih ketentuan dari Perjanjian ini menjadi tidak berlaku, maka (i) ketentuan yang lain akan tetap berlaku (ii) Untuk setiap ketentuan yang tidak berlaku, maka untuk ketentuan tersebut akan disesuaikan oleh Anda dan Melon sebatas diperlukan.
(d) Independen : Anda dan Melon adalah pihak mandiri, dan berdasarkan Perjanjian ini tidak dapat ditafsirkan sebagai suatu hubungan persekutuan, gabungan kerjasama, franchise, agen atau hubungan lain apapun antara Anda dan Melon.
(e) Kesatuan : Perjanjian ini mencakup semua pemahaman antara Anda dan Melon dengan menghormati pokok dari masalah, tidak ada Perjanjian, syarat, kondisi, atau kewajiban, lisan atau tulisan, ekspresi atau pernyataan, di luar dari isi ketentuan yang ada pada Perjanjian ini yang berlaku; Perjanjian ini menggantikan semua Perjanjian sebelumnya atau negoisasi antara Anda dan Melon menyangkut pokok-pokok materi yang ada disini.
(f) Keberlanjutan: ketentuan dari Pasal 4,8,9,10,11,12(c) dari syarat dan ketentuan ini akan tetap berlaku meskipun Perjanjian ini berakhir atau diakhiri sebelumnya oleh Melon.
(g) Dengan ini Anda memahami bahwa Anda telah mempunyai kesempatan untuk memeriksa dan mendiskusikan Perjanjian ini dengan kuasa hukum Anda sendiri dan bahwa Anda mengerti dan menerima semua syarat dan ketentuan yang terdapat di dalam Perjanjian ini.

30. Ketentuan Informasi
Setiap informasi mengenai:
(a) Status konten Anda disetujui atau tidak disetujui.
(b) penghasilan yang anda dapatkan dari MyNSP.
(c) Pembayaran dari pembagian pendapatan yang telah berhasil di transfer ke Tcash yang sudah di daftarkan akan di masukkan ke dalam aplikasi MyNSP.

31. Term and Condition Upload Content MyNSP
Semua isi konten yang masuk ke MYNSP, dalam bentuk kata-kata implisit dan/ atau eksplisit, harus mengikuti kriteria-kriteria berikut, yakni:
(a) Apakah konten bersih? Apakah di rekam di tempat yang sepi/sunyi?
(b) Isi dari konten harus jelas/jernih.
(c) Durasi konten tidak boleh lebih dari 30 detik.
(d) Konten tidak mengandung musik dari konten orang lain, termasuk menggunakan latar musik konten orang lain.
(e) Konten tidak meniru/menjiplak/menyerupai lirik lain.
(f) Konten tidak mengandung bahaya menurut SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan).
(g) Konten tidak mengandung kata-kata yang menyerang, kasar atau tidak layak/ bising.
(h) Konten tidak mengandung kata-kata anti-pemerintah, anti-agama, rasial, ataupun pesan politik.
(i) Konten tidak mengandung hinaan terhadap seseorang atau organisasi.
(j) Konten tidak merupakan ajakan untuk melakukan aktifitas yang dilarang pemerintah.
(k) Konten tidak mengandung kata-kata kasar yang menyebarkan kekerasan atau sex.
(l) Konten tidak mengandung kata-kata yang membuat ketidaknyamanan perasaan seseorang.
(m) Konten tidak melanggar Hak Cipta menurut peraturan perundangan yang berlaku.
(n) Konten tidak mengandung iklan komersial (promosi).